Selasa, 06 April 2010

All About Snorkel


Snorkling

Elemen terbesar yang ada di dunia adalah air lebih tepatnya 70% permukaan di bumi merupakan air. Banyak sekali kehidupan di bawah permukaan air laut yang belum diketahui manusia dikarenakan ketidakmampuan manusia untuk hidup di bawah permukaan air laut. Banyak sekali ragam kehidupan yang ada di bawah permukaan seperti makhluk hidup yang misterius, ajaib, aneh, dan unik, keanekaragaman ini mungkin disebabkan dari sifat air laut yang berbeda dengan air tawar dari segi warna, rasa, indek bias, ombak, arus, dan pasang surut.
Kegiatan pengamatan atau penyelaman ke bawah permukaan air diantaranya snorkeling dan scuba diving. Peralatan yang digunakan pada snorkeling dan scuba diving berbeda. Pada snorkeling alat yang digunakan antara lain mask, snorkel, fin, dan snorkel vest. Pada scuba perlatan yang digunakan tidak berbeda jauh, hanya saja pada scuba ditambah tabung scuba dan regulator.
Peralatan snorkling:
·      Mask
Mask berfungsi untuk menyediakan ruang udara agar proses melihat dapat berjalan sempurna. Syarat-syarat utama mask:
o  Safety glass
o  Nose pocket
o  Pengkedap yang baik dan nyaman
o  Volume kecil
o  Pandangan luas
o  Rangka yang kokoh
o  Strap yang mudah diatur
Dalam memilih mask, harus diperhatikan:
o  Mask harus dapat melihat dengan jelas
o  Pandangan tidak terhalang dan terbatasi
o  Cukup dengan wajah
o  Frame terbuat dari anti karat
o  Memiliki double seal yang lentur untuk wajah

Perawatan yang harus dilakukan:
o  Jangan dibiarkan terkena matahari terlalu lama.
o  Cuci dengan air bersih setelah digunakan.
o  Pada saat disimpan jangan sampai tertindih.

·      Snorkel
     Snorkel berfungsi untuk:
o  Membantu penyelam bernapas tanpa mengangkat kepala.
o  Membantu penyelam berenang menuju sasaran penyelaman tanpa harus menggunakan tabung scuba.
o  Memungkinkan penyelam melihat permukaan laut dengan mudah.
     
    Cara menggunakan snorkel:
o  Sesuaikan strap pada snorkel
o  Apabila anda tidak dapat melihat snorkel ketika digunakan, minta bantuan seseorang

Syarat utama snorkel:
o  Diameter, semakin besar diameter, semakin sulit mengeluarkan air yang masuk ke dalam snorkel.
o  Panjang, semakin panjang, semakin dalam penyelam dapat menyelam tapi semakin sulit juga untuk bernapas.
o  Bentuk mouth piece harus nyaman, setiap orang mempunyai bentuk mulut yang berbeda.
o  Bentuk lengkung

·      Fins
Fins berfungsi untuk member kekuatan pada kaki dan menggerakan tubuh ketika menyelam. Kemampuan renang akan bertambah 10 kali lipat ketika menggunakan fin.

Jenis-jenis snorkel:
o  Full foot
Full foot fins mempunyai penutup tumit yang memberikan perlindungan lebih pada tumit penyelam. Jenis ini cocok untuk kegiatan skin diving atau fins swimming.
o  Open heel
Jenis open hell mempunyai strap pada bagian tumit yang bisa disesuaikan. Karena tidak memiliki perlindungan pada bagian tumit, biasanya para penyelam menggunakan boot atau kaus kaki tebal untuk melindungi tumit.
·      Life vest
Life vest berfungsi untuk memberikan daya apung pada penyelam, tetapi untuk kegiatan snorkeling biasanya digunakan snorkel vest yang didesain khusus untuk snorkel. Selain memberikan daya apung, vest membantu untuk rilex dan fokus terhadap objek di bawah permukaan air.

Tehnik-tehnik pada snorkeling
·      Entry perairan
1.    Standing Front Entry
Penyelam memasuki perairan dari bagian geladak kapal, perahu atau dermaga dengan posisi masuk berdiri. Penyelam masuk dengan kaki terlebih dahulu dengan posisi melangkahkan kaki. Ketika kaki menyentu air kaki dikatupkan kembali. Satu tangan memgang mask dan regulator satu lagi memgang bagian bawah B.C.
2.    Sitting Front entry
Penyelam duduk di sisi dermaga atau kapal dengan fins terjuntai keluar, tangan di kedua sisi, berputar kemudian masuk air.
3.    Back Roll Entry
Penyelam duduk di pinggir perahu, posisi kaki rapat, satu tangan pada mask dan regulator dan yang lain pada B.C. gulingkan badan kebelakang.
4.    Said Roll Entry
Baringkan badan di pinggiran perahu karet kemudian bergulir ke air. Cara ini biasa dilakukan oleh under water demolation team diman harus masuk air ketika perahu melaju dengan cepat.
·      Popping
Popping adalah cara menghilangkan air dari snorkel dengan cara menghembuskan udara ke dalam snorkel sehingga air di dalam snorkel hilang.
·      Mask clearing
Tujuan dari mask clearingadalah untuk menghilangkan pengembunan pada mask saat penyelaman. Cara melakukan mask clearing denga mengisi air ke dalam mask dan dengan menghembuskan udara melalui hidung maka air akan terdorong keluar.
·      Duck diving
Tekhnik menyelem seperti seekor bebek, dengan mengambil napas terlebih dahulu kemudian memutar badan ke bawah hingga seluruh badan masuk le dalam air.
·      FIN swimming
Gaya berenang menggunakan fin, yang digerakan hanya bagian kaki saja mulai dari paha hingga telapak. Jangan menggerakan fin hanya dari lutut saja karena akan menyebabkan bergerak mundur.

Categories:

1 komentar :

benny mengatakan...

Wah, terima kasih informasinya, saya baru mau bergabung di hobby menyelam, mungkin di mulai dengan snorking terlebih dahulu ..