Selasa, 05 Oktober 2010

PENTINGNYA PEMANASAN

Selaku mahasiswa tingkat akhir tentu saja banyak waktu senggang, nah.. dari pada bengong gw pun memilih untuk maen basket bareng temen-temen ilkom di lapangan basket kampus. Oke pas hari H seperti biasa datang paling pagi, untung sekarang bareng temen jadinya ga bengong (thanks yul..). 
setelah menunggu agak lama akhirnya temen-temen yang lain datang, dan sialnya hari itu tuh hari libur akademik jadinya lapangan penuh dipakai orang lain alhasil kami pun pakai lapangan paling ujung yang memang sudah agak tidak layak pakai, karena lapangan yang sudah ga rata, dan ring yang cuman satu itupun udah bengkok, lumayan lah dari pada lumanyun.. 

Game pun dimulai.. 3 on 3 game cukup buat berkeringat dan membuat bau badan bagi yang ga mangi (damn..). tak berapa lama game mulai panas, bukan, bukan karena permainan yang keras tapi karena matahari sudah siang sehingga membuat (gosong)  panas permainan. Karena panasnya permainan salah satu pemain kelelahan dan minta di ganti oleh pemain yang baru datang, sebut saja namanya wendhy (bukan nama sebenarnya ), tanpa ba bi bu be bo ca ci cu ce co dia pun langsung mengambil alih permainan, permainan menjadi seru kembali.
Tak berapa lama sesuatu yang tak diduga terjadi, wendhy salah jatuh dan kakinya terkilir, hasilnya kakinya bengkak gede banget, apa emang gede dari dulu....
selidik punya selidik ternyata dia belum pemanasan sehingga menyebabkan dia cedera.
KIRA-KIRA SEPERTI INI CEDERANYA

Ternyata pemanasan itu penting sekali, kenapa penting... anggaplah kalau otot kita itu karet, karet kalo direnggangkan maka daya elastisnya makin besar bukan  , nah seperti itulah otot kita, apabila tidak pemanasan otot menjadi dingin sehingga menjadi kaku dan daya elastisitasnya kurang, apabila dipaksakan maka otot bisa cedera dan yang lebih buruk lagi otot bisa putus seperti yang terjadi pada David Beckham. Oleh karena itu sebelum melakukan olahraga maka kita wajib melakukan pemanasan.

Tujuan dari pemanasan itu sendiri untuk menyiapkan otot dan sendi, dengan pemanasan suhu tubuh akan meningkat dan detak jantung pun akan meningkat sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan meningkat dan suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih banyak.      


Berikut adalah alasan-alasan lu harus pemanasan:  
  • Meningkatkan tingkat energi yang dikeluarkan oleh metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang memerintah gerakan tubuh.
  • Meningkatkan efisiensi dalam proses reciprocal innervation, sehingga memudahkan otot-otot berkontraksi dan rileks secara lebih cepat dan efisien.
  • Meningkatkan kapasitas kerja fisik atlet.
  • Mengurangi adanya ketegangan otot.
  • Meningkatkan kemampuan jaringan penghubung dalam gerakan memanjang atau meregang.
  • Terjadinya peningkatan kondisi tubuh atlet secara psikologis, larena pemanasan mampu membangun kepercayaan diri dan rasa nyaman Anda. 
So jangan lupa untuk pemanasan dulu sebelum olahraga :D

2 komentar :

Anonim mengatakan...

tes

Syuaa mengatakan...

Aplikasi barter link terbaru.
backlink tetep bertambah dengan sekali registrasi. kenapa ga coba?
linkexchange.syuaa.net