Senin, 12 Maret 2012

Java Web Programming 1 (Konfigurasi Tomcat)



Setelah bosan muak dengan desktop, dan ga ada kerjaan, pengen apdet status FB tapi setelah baca http://www.ridwanfansuri.com/2012/02/beberapa-kegunaan-status-facebook.html jadi pikir-pikir lagi untuk apdet status, akhirnya saya pun mencoba untuk mempelajari web dengan java web.


Sebelum lanjut mari kita lihat bagaimana arsiektur client-server web.

Arsitektur client-server (Head First Servlet and JSP)
Dari gambar di atas terlihat bahwa server menerima request dari client/web browser. kemudian server tersebut mencari resource yang diminta untuk kemudian dikembalikan ke client. Seringkali request itu berupa sebuah halaman HTML, kadang berupa gambar atau file suara.

Untuk menjalankan sebuah web java sama seperti web dengan pemrograman PHP, kita memerlukan sebuah apache sebagai web server. apache yang kita gunakan adalah tomcat, kenapa tomcat? karena gratis hehehe, bukan itu saja, karena tomcat apache yang support dengan bahasa pemrograman java seperti layaknya xampp dengan php. Untuk mendownload tomcat bisa dilihat disini  http://tomcat.apache.org/download-60.cgi . Tomcat yang saya pilih adalah tomcat versi 6, kenapa bukan 7 karena dulu ketika memakai tomcat 7 saya pernah mengalami masalah tapi saya lupa masalahnya apa, sehingga saya putuskan untuk menggunakan tomcat versi 6. 

Setelah didownload ekstrak zip file kemudian ekstrak dan tempatkan seperti ini



Setelah diekstrak kemudian kiat setting environment varible, caranya klik kanan My Computer -> properties -> Advanced system settings -> Environment variable
Pada System Varible kia pilih new kemudian isikan variable name : CATALINA_HOME dan variable value  : directory dimana tomcat tersebut kita ekstrak.


Kemudian kita edit variable dengan nama path, tambahkan variable value dengan %CATALINA_HOME%\bin dan jangan lupa sertakan titik-koma (;) pada setiap variable yang ditambahkan.


Setelah itu kita buka comand prompt ketikan catalina start

apabila berhasil maka akan muncul cmd baru seperti ini

Untuk memeriksa apakah tomcatnya sudah bisa digunakan atau tidak kita ketikan http://localhost:8080/ di browser, apabila berhasil maka hasilnya akan seperti ini


Apabila tidak, maka tanyakan kepada google :p hehehe.

bersambung....