Kamis, 18 November 2010

GITARIS INDONESIA DAN GITARNYA

Seorang gitaris dengan gitar kepunyaanya seperti seorang samurai dengan pedangnya,  gitar tersebut dapat membantu permainan sang gitaris atau bahkan membuat gitaris tidak merasa nyaman ketika memainkannya.  Seorang gitaris tentu saja mempunyai spesifikasi kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal gitar, ada yang membutuhkan gitar dengan kualitas sound yang tebal dan panjang, ada pula yang membutuhkan gitar dengan karakter sound yang cerah. Selain dari sound hal-hal yang menjadikan pertimbangan para gitaris mencari gitar adalah bentuk dari gitar tersebut, ada yang menginkan gitar dengan neck yang ramping, dan ada pula yeng menginkan gitar dengan neck yang lebar.

Apabila kamu sudah menjadi seorang gitaris yang mumpuni dan sudah hapal seluk beluk tentang gitar tentu saja kamu lebih baik membuat gitar costum sendiri seperti gitaris-gitaris papan atas seperti yngwi, steve vai dan joe satriani, tapi banyak pula gitaris-gitaris hebat yang tidak mempunyai gitar dengan costum sendiri. Contohnya di Indonesia, para gitaris pada umumnya masih menggunakan gitaris pabrikan, meskipun sudah di endorse tetapi tidak mempunyai gitar costum dari endorsement tersebut. Untuk contoh-contoh gitaris tersebut akan saya tulisakan di bawah.

 Piyu Padi-Gibson Les Paul



Sejak awal kemunculannya piyu sudah identik dengan gitar gibson les paulnya, dengan gitar ini piyu membuat sound padi menjadi gahar, contohnya pada lagu patah, solo gitarnya sangan keras tapi juga enak untuk didengar.  Sampai sekarang piyu masih setia menggunakan les paul pada setiap penampilannya, bahkan koleksinya sudah mencapai puluhan gitar. Contoh gitaris lain yang menggunakan gitar jenis ini adalah john paul ivan


 Dewa Budjana – Parker


Ini gitaris idola saya, Budjana mempunyai banyak sekali gitar, dari mulai fender hingga PRS, tapi akhir-akhir ini budjana lebih sering terlihat menggunakan gitar parker miliknya (bukan orang lain hahaha).

Andra Ramadhan – PRS


Sama seperti Budjana, Ramadhan juga mempunyai banyak gitar, dari awal kemunculanya sebagai gitaris dewa, andra sering sekali bergonta-ganti gitar (untung bukan bergonta ganti pasangan) . tapi sekarang Andra lebih Identik dengan gitar PRS yang harganya ga ketulungan.

  Eross- fender strat dan tele



Gitaris ini memang dari dulu sering terlihat menggunakan gitar fender stratocaster dan telecaster, meskipun juga sering menggunakan gitar les paul dan PRS, tapi akhir-akhir ini lebih sering terlihat menggunakan telecaster.

Nah untuk gitaris yang mempunyai gitaris costum sendiri ada Balawan dengan gitar double neck dari Stephallen  yang merupakan produsen gitar dari Surabaya




Terlepas dari jenis gitar yang anda gunakan, gitar-gitar bagus tersebut tentu saja tidak anakn berguna apabila anda tidak mempunyai skill yang bagus, jadi berlatihlah agar dapat menjadi gitaris yang handal.