Senin, 11 Juni 2012

ASP.NET MVC, Guest Book Application (3) (Penggunaan Database)



Berjumpa lagi disini, dengan post baru lagi, post kali ini merupakan lanjutan dari part sebelumnya yaitu
http://www.ridwanfansuri.com/2012/05/aspnet-mvc-guest-book-application-1.html dan
http://www.ridwanfansuri.com/2012/05/aspnet-mvc-guest-book-application-2.html
Jadi apabila belum membaca post sebelumnya anda pasti akan merasa kebingungan seperti anak kambing yang kehilangan induknya ;P.

Post kali ini akan membahas penggunaan database pada aplikasi yang telah kita buat sebelumnya, mengapa perlu menggunakan database? jawabanya adalah biar kita gaul, trendy dan selalu eksis, oke just kidding. sebenernya kita menggunakan database karena disetiap interview pekerjaan pasti kita akan ditanya apakah sudah pernah membuat aplikasi menggunakan database (curcol).

Pertama-tama yang kita lakukan adalah membuat database untuk wadah penyimpanan data dari aplikasi yang telah kita buat. Database server yang kita gunakan adalah SQL Server, tapi sayang tidak gratis. Setelah kita login kedalam sql server, kemudian kita buat database baru seperti gambar dibawah.





Kemudian akan muncul kotak dialog seperti ini



Kita beri nama yang sama dengan digambar. setelah dibuat maka database baru yang kita buat akan muncul seperti gambar dibawah



Next step adalah membuat table, kita buat table yang field-nya sama dengan class GuestBookEntry yang telah kita buat saja. langkah-langkahnya kita klik kanan folder Tables pada GuestBookBlog pilih New Table..


Kemudian kita isikan field-fieldnya seperti ini


jangan lupa field EntryId kita buat sebagai primary key dan auto increment

Setelah database selesai, saatnya kita menyambungkan dengan aplikasi kita, kita buka project kita yang kemarin, kemudian kita buka server explorer klik kanan pada data connection kemudian pilih Add Connection


Kemudian akan muncul kotak dialog seperti ini


Pada data source kita pilih Change, maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini


Kita pilih Microsoft SQL server, kemudian pilih OK. Setelah itu kita isikan kotak dialog Add Connection seperti ini


Setelh kita pilih OK, maka database tersebut akan mucul di tab server explorer


Apakah hal ini sudah cukup? tentu saja tidak. Sekarang bagaimana caranya kita menyambungkan koneksi yang telah kita buat sebelumnya kedalam aplikasi kita. banyak cara sebenaranya tinggal cari di google maka akan muncul semua, pada tutorial kali ini saya akan menggunakan Entity Framework, yang belum tau apa itu Entity Framework bisa baca disini.

Bagaimana caranya menggunakan Entity Framework? pertama-tama kita klik kanan pada folder models


Kemudian kita pilih seperti gambar dibawah.


Kemudian pilih generate from database


Kita pilih connection yang telah kita buat tadi


Setelah itu maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah, karena tadi kita hanya membuat table saja, maka kita centang tables saja.


Maka Hasilnya akan seperti ini



Kita udah properties dari entry tersebut menjadi seperti ini



Hal ini akan menyebabkan error, karena kita tekah mempunyai kelas dengan nama GuestBookEntry, untuk menanggulanginya kita ubah kelas GuestBookEntry menjadi partial class -untuk yang belum tahu partial class bisa baca ini- kemudian kita comment semua property didalam class karena kita sudah memiliknya didalam table yang kita buat.


Setelah itu, kita akan membuat beberapa method untuk akses database menggunakan entity framework yang telah kita buat, banyak cara untuk menggunakanya, tetapi pada tutorial kali ini saya akan menggunakan reporsitory class yang berisi method-method seperti create, update, delete. Untuk awal kita akan membuat method create untuk memasukan kedalam database. Kita buat class baru di folder models lalu kita beri nama GuestBookReporsitory.



Method Add merupakan method yang memasukan object berupa GuestBookEntry kedalam entity GuestBook pada entity framework. method Save mengupdate database setelah dilakukan suatu transaksi seperti CRUD. Kemudian Kita ubah Action Index di controller menjadi seperti dibawah.



Kita build ulang lalu kita coba jalankan




Ketika kita klik sign kita tidak berpindah ke halaman manapun karena Action ThankYou masih belum diubah, tetapi apabila kita melihat database data yang kita inputkan sudah masuk.

klik kanan pada table

hasilnya
Untuk menampilkan data seperti tutorial sebelumnya kita lakukan beberapa perubahan pada method ThankYou, kita ubah agar menjadi seperti dibawah ini



Oh iya sebelumnya kita buat method GetData untuk mengambil data berdasarkan dari id pada GuestBookReporsitory


Kemudian kita ubah halaman view dari ThankYou menjadi seperti dibawah ini



Kita ubah inherts halaman menjadi inherit ke class GuestBookEntry, kemudian kita ubah code untuk menampilkan data menjadi seperti gambar diatas. Kita build ulang lalu kita coba jalankan lagi.

coba tes lagi
hasilnya
Cakep kan.. untuk kali ini cukup sampai disini saja, apabila ada pertanyaan silahkan di comment saja. terima kasih samapai jumpa lagi


4 komentar :

khepetthea mengatakan...

Assalamu'alaikum... aa Ridwan, saya adi dr ciapus bogor.. mo minta tolong bisa ga sy di kirimin source code tuk Guest Book Application dari 1 s/d 4 karena sy download ga bisa2 yach.. sy tertarik sekali dengan tutorial a Ridwan.. minta tolong ya a.. nich email sy : adirahmad79@gmail.com HATURNUHUN A.

muhammad ridwan mengatakan...

wah maaf,ternyata source code saya juga hilang karena install ulang, saya baca aspnet mvc in action, kalo mau saya bisa kasih ebboknya

Anonim mengatakan...

maaf. kenapa saya tidak bisa menggunakan atribut AddObject pada fungsi add "entities.GuestBook.AddObject(guestBook)" ya?

muhammad ridwan mengatakan...

bisa minta tolong kirim source code nya, nanti saya periksa