Rabu, 05 Desember 2012

TEORI PENCITRAAN


Ketika sedang iseng browsing, buka fb dll, tiba-tiba pandangan penulis tertuju ke suatu status
teman penulis

Hmm sanubari serasa bergetar membaca status tersebut. Selang beberapa hari tanpa sengaja
penulis membaca status yang bertema sama seperti sebelumnya.




Sungguh hati terasa gundah gulana membacanya, mungkin teman-teman pembaca belum
mengetahui makna dari status-status bijak yang ditulis, sungguh kasihan sekali. Untuk itu penulis
akan menjelaskan tentang teori pencitraan yang sedang kondang akhir-akhir ini.

Apa itu pencitraan???

Misalnya kamu ga sengaja baca sebuah status yang bijak dari temen kamu dan kamu tahu
benar bahwa teman kamu itu mempunyai perilaku yang minus, kamu pun heran pastinya, hati kamu
bertanya-tanya “ini kenapa sih si anu kok sok bijak banget, ga pas banget sama muka dan kelakuan?”
trus kamu pun kesel jikalau temen kamu tuh update terus status yang sok bijak dan akhirnya kamu
remove temen kamu itu. Tapi tenang jangan keburu emosi dulu, temen kamu update status itu
untuk pencitraan. Apa itu pencitraan?? Pencitraan adalah membuat suatu hal agar citra kita menjadi
baik dimata publik, mungkin para pejabat di negara kita sudah sangan fasih melakukan hal tersebut.
Nah tempat paling mudah melakukanya adalah di area publik seperti facebook atau twitter agar
dibaca orang banyak.

Kenapa sih pake pencitraan segala??

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa sih pake pencitraan segala? Tujuan dari pencitraan itu
adalah menarik simpati dari khalayak ramai, bisa teman kalo itu orang biasa ataupun rakyat buat
para politikus. Setelah mendapatkan simpati maka disinilah tujuan utama merka, kalo orang biasa
bisa aja dia bertujuan untuk mendapatkan pacar. Misalnya temen kamu yang update status bijak,
otomatis banyak orang yang suka, apalagi cewek-cewek pasti suka tanpa tahu kelakuan asli dari
temen kamu itu. Kalo untuk para caleg-caleg setelah mendapatkan simpati rakyat maka rakyat
tersebut akan memilih dia dalam pemilihan umum dan akan lupa sama rakyat kalo abis dapat
jabatan.

Bagaimana cara menyikapinya??

Kalo itu temen kamu dan ga ada urusanya sama kamu, biarin aja. Ngapain juga ngurusin
orang lain mending gw ngeliat tantangan inem aja. Kalo itu menyangkut caleg-caleg, jangan mudah
terhasut angin surga mereka, kenali lebih dulu siapa mereka agar tidak salah memilih. Atau solusi
lain.. GOLPUT.

Tapi sejelek-jeleknya status pencitraan, masih lebih baik dari pada yang ini


Mungkin cukup sekian artikel dari saya, ini semua kembali bagaimana anda menyikapinya #inibukanpencitraan
terima kasih dan MERDEKA

2 komentar :

Edwin Habibun mengatakan...

WOW! pencitraan. gue banget tuh broh!
self-branding itu penting loh terkadang.
ya asal jangan overlimit aja :p

itu keren banget yang checkin ke 4square itu! pengen banget deh checkin ke situh! :))

muhammad ridwan mengatakan...

yea, tapi mungkin ada beberapa orang yang ga suka karena tau gimana mereka aslinya, kalo gw sih ga peduli hahaha